Wednesday , 25 November 2020
Stackode
Home > GIT > Upload Project/Website ke Shared Hosting Menggunakan GIT(GIT-FTP)

Upload Project/Website ke Shared Hosting Menggunakan GIT(GIT-FTP)

Bagaimana Upload Project/Website ke Shared Hosting Menggunakan GIT(GIT-FTP).? Penjelasan sedikit Apa itu Git? Bagi para developer tentunya sudah tak asing lagi dengan kakas (tool) yang satu ini. Git adalah sebuah kakas yang memudahkan para developer untuk mengelola versi aplikasi mereka. Bagi mereka yang bekerja dalam sebuah tim, Git ini akan sangat membantu mengolaborasikan pekerjaan antar developer. Tak perlu itu copy file secara manual antar personel.

Direktori projek aplikasi yang berisi kode dan resource lainnya yang menggunakan Git biasa disebut dengan Git repository. Bitbucket dan Github adalah contoh website penyedia hosting Git repository secara gratis. Kita bisa meletakkan kode projek aplikasi di sana. Atau bisa juga kita men-setup sendiri Git Repository di komputer kita.

Ketika aplikasi sudah siap untuk di-deploy pada stage production alias live, kita tinggal menjalankan perintah “git pull” saja di server tempat aplikasi akan live. Nah, kendalanya adalah jika kita hosting web kita pada shared hosting. Pada umumnya penyedia jasa shared hosting ini tidak menyediakan fasilitas git. Pengguna shared hosting hanya bisa mengunggah file-filenya melalui fasilitas FTP (File Transfer Protocol) saja, baik itu via FTP client ataupun Control Panel (cpanel) yang telah disediakan oleh penyedia jasa hosting.

Dan bagi mereka yang menggunakan Virtual Private Server (VPS) atau Dedicated Server Hosting tentu tidak akan menemui masalah. Mereka bisa menginstal aplikasi git ini sendiri. Namun, bagaimana dengan shared hosting?

Nah jadi sudah tahu lah mengapa menggunakan git-ftp untuk shared hosting kita. Ok langsung aja ke TKP.

Disini saya menggunakan OS Arch Linux. Saya install git-ftp di arch linux menggunakan yaourt. Untuk OS lainnya bisa diliat disini. Untuk instalasinya ikuti perintah berikut, dan ketikan di terminal anda.

$ yaourt -S git-ftp

Setelah selesai configurasi git-ftp. ikuti perintah berikut.

$ cd to_your_project

Init git Repository :

$ git init
$ git add .
$ git commit -m "Initial commit"

Configurasi FTP :

$ git config git-ftp.user user_ftp
$ git config git-ftp.url ftp.example.com/public_html/demofolder
$ git config git-ftp.password password_ftp

Init git-ftp client :

$ git ftp init

Push your change ke ftp :

$ git ftp push

Make your changes and commit :

$ git add someFile.html
$ git commit -m "Added someFile.html"

Push your changes again and only what have changed is pushed:

$ git ftp push

Sumber Stackoverflow.

Nah beginilah ceritanya Upload Project/Website ke Shared Hosting Menggunakan GIT(GIT-FTP)

About Whendy

Whendy Blog mengumpulkan beberapa Tutorial Website, PHP, AngularJS, JQuery, Laravel, Codeigniter dan lain-lain. ( jika sempat ) :)